Select Page


Seperti yang sudah diketahui, ada berbagai macam bahan digital printing yang sudah biasa dan umum dipergunakan. Baik itu untuk jenis outdoor maupun indoor, dan semua memiliki kelebihannya tersendiri.

Mesin digital printing yang dapat digunakan untuk print pada bahan tersebut sebenarnya bisa semua, hanya saja berbeda pada hasil dan cost produksinya. Itu sebabnya harus diketahui terlebih dahulu tujuan penggunaan hasil cetak bahan tersebut.

Beberapa jenis bahan yang umum digunakan yaitu:

  • Flexi

Bahan flexi banyak digunakan dalam percetakan digital, baik untuk membuat  banner, umbul-umbul, spanduk, baliho, billboard, neonbox / lightbox bahkan tenda. Pada dasarnya kualitas bahan flexi berbeda-beda tergantung negara yang membuatnya.

Secara umum, flexi merupakan bahan yang lentur dan tidak mudah robek. Permukaan flexi pada dasarnya halus di satu sisi dan kasar di sisi yang lain. Bahan jenis ini memiliki serat dan tebal dan tergantung jenis gramasinya serta banyak ukurannya dari mulai 240 gr sampai dengan 550 gr.

Bahan flexi atau disebut juga MMT biasa di print / cetak di mesin Outdoor karena umum lebar bahan flexi yaitu 2,2 m sampai dengan 3,2 m.

Bahan jenis ini tidak cocok bila dipadukan dengan laminating karena memiliki serat yang agak lebar. Jenis bahan flexi ada berbagai macam juga, salah satunya di Indonesia ada bahan flexi dengan kualitas korea dan jerman. Berikut jenis bahan-bahan flexi berbagai kualitasnya.

  • Flexi China

Flexi china merupakan bahan yang halus dan tipis. Bahan ini sangat cocok untuk media promosi baik itu indoor maupun outdoor. Flexi yang sering dipakai umumnya memiliki gramatur 230 sampai dengan 400. Sementara lebar gulungnya di antara 220 cm, 250 cm, 320 cm, 550 cm.

Bahan Flexi China ini tergolong lebih murah dari jenis bahan Flexi yang lainnya.

  • Flexi Korea

Bahan flexi Korea ini juga tidak jauh beda dengan bahan flexi China, yang membedakan hanya di kualitas dan gramasi yang lebih tebal. Umumnya bahan flexi Korea di Indonesia yaitu dari mulai 440 gr sampai 550 gr.

  • Flexi Jerman

Bahan Flexi Jerman ini juga tidak jauh dari flexi China ataupun bahan Korea, tetapi untuk kualitas jangan diragukan lagi karena harganya pun tergolong mahal.

Bahan flexi Jerman ini untuk umumnya sama yaitu 2,2 m sampai dengan 3,2 m. Untuk ketebalannya mulai dari 440 gr sampai dengan 550 gr.

  • Flexi Frontlite

Flexi backlite pada dasarnya mirip dengan flexi frontlite. Hanya saja  serat dan tekstur flexi backlite lebih kaku.  Selain itu, ia tergolong bahan yang halus, tebal, dan sedikit transparan. Fungsinya pun lebih luas jika dibandingkan dengan flexi frontlite.

Umumnya flexi backlite di gunakan untuk mencetak neon box dan sign board yang terdapat di depan lampu penerangan karena bahan ini akan berpendar saat terkena cahaya. Flexi backlite diproduksi menggunakan UV Ink sehingga kekuatan tintanya bertahan lebih lama.

Flexi backlite juga mempunyai jenis yang berbeda-beda sesuai dengan negara pembuatnya yaitu flexi backlite china, korea, dan jerman. Gramatur yang dipakai oleh ketiga jenis ini adalah 250 sampai dengan 300 gram dengan lebar gulungan  220 cm, 250 cm, 320 cm, dan 550 cm.

Untuk flexi backlite korea bagian belakang seratnya berwarna kebiru-biruan. Sementara flexi backlite jerman bagian belakang seratnya berwarna putih. Ketiganya cocok digunakan untuk media promosi indoor maupun outdoor.

  • Albatros

Bahan jenis ini yaitu halus dan mengkilap, bahan albatros ini cocok diposisikan dengan standing x banner, y banner dan roll banner. Bahan jenis ini juga cocok bila dipadukan dengan laminating glossy ataupun doff. untuk lebar bahan yaitu 1,25 m sampai dengan 1,55 m.

Untuk bahan ini sendiri hasilnya akan lebih bagus ketika di print dengan menggunakan printer indoor ecosolvent. Karena rata-rata hasil cetaknya dilihat pada jarak pandang yang dekat.

  • Luster

Bahan luster ini sekilas mirip dengan bahan albatros, tetapi bahan jenis ini mempunyai serat yang lebih kasar  dibandingkan dengan bahan albatros. Meski memiliki bahan yang mengkilap tetapi bahan ini tidak cocok dipadukan dengan laminating karena memiliki tekstur yang agak kasar dari bahan albatros.

Untuk lebar bahan luster yaitu mulai dari ukuran 90 cm sampai dengan 155 cm. Penggunaan bahan ini juga lebih banyak dan tepat dengan menggunakan printer indoor ecosolvent.

  • Canvas

Bahan jenis ini terbuat dari katun dengan tekstur kasar, biasanya digunakan untuk cetak foto atau lukisan sebagai hiasan dinding. Canvas photo lebih bagus hasilnya ketika di cetak dengan menggunakan printer UV, meskipun juga bisa dengan printer indoor.

  • Sticker Vinyl

Bahan ini adalah jenis sticker, biasanya digunakan untuk branding-branding mobil maupun motor sesuai kebutuhan. Bahan ini juga ada beberapa jenis salah satunya sticker transparan. Sticker transparan yaitu sticker yang hasilnya transparant atau tembus pandang.

Sticker vinyl termasuk yang paling banyak digunakan pada penyedia jasa digital printing. Dan ada banyak sekali merk tersedia dengan variant harga jual yang berbeda.

  • Sticker Oneway

Sticker oneway adalah sticker yang mempunyai tekstur yang berupa lubang-lubang kecil, biasanya sticker ini digunakan untuk melapisi kaca mobil atau kaca-kaca dikantoran. Sticker ini berukuran mulai dari 1,05 m sampai dengan 1,55 m.

  • Sticker Blockout

Stiker ini memiliki permukaan halus, tipis dan berwarna hitam pada bagian perekatnya. Umumnya dipakai untuk mencetak pengunaan sticker yang terpasang di kaca, acrylik, triplek, di mobil dan lain sebagainya yang pada permukaan datar.

Bahan jenis ini seratnya halus dan tipis cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dan diluar ruangan (Outdoor) dengan ditambahkan hasil finishing seperti laminating DOFF / GLOSSY supaya hasilnya lebih memuaskan.

Gramasi yang umum dipakai standar, untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 105 cm, 125 cm, 150 cm.

  • Cloth

Cloth adalah bahan banner yang menyerupai kain parasit, tipis dan ringan, berserat kanvas halus, bersifat doff dan sangat cocok digunakan untuk spanduk serta umbul-umbul karena hasil cetakan tembus dapat dilihat dari kedua sisi, cukup baik untuk pemakaian outdoor.

  • Wallpaper

Ini jenis bahan yang biasanya digunakan untuk melapisi dinding, biasanya sebagai pelapis untuk memperindah ruangan. Bahan wallpaper umumnya tersedia pada jasa digital printing UV, karena hasil print untuk maksimalnya memang menggunakan mesin digital printing UV. Meskipun tetap bisa di print pada printer indoor.

Untuk pembelian bahan flexi dan digital printing lainnya silahkan menghubungi kami untuk informasi jelasnya.