Select Page


PGM DISPLAY – Di dalam dunia percetakan digital printing ada yang dinamakan finishing. Yang dimaksud finishing yaitu suatu proses penyelesaian atau penyempurnaan akhir dari suatu bahan / media yang akan digunakan.

Contoh misalnya sebuah sticker yang sudah selesai di print, agar lebih terlihat lebih menarik biasanya di tambahkan laminating, proses melaminating itulah yang disebut finishing / proses akhir.

Macam-macam Mesin Finishing

Dalam proses mencetak atau mengeprint, salah satu faktor yang membuat tampilan cetak menjadi lebih rapih dan menarik adalah proses finishing. Ada macam-macam jenis finishing yang bisa diaplikasikan, karena jenisnya banyak maka kita perlu memahami apa saja ragam finishing di dalam percetakan digital printing.

Mesin Finishing Laminating

Laminasi adalah teknik finishing yang paling umum dengan tujuan memberi lapisan pelindung pada kertas menggunakan plastik BOPP (Biaxially oriented polypropylene). Proses laminasi melewati 2 macam yaitu thermal (panas) dan water-base (dingin), juga terdapat 2 macam plastik BOPP yang dipakai pada laminasi yaitu Matt dan Glossy.

Jual Mesin Laminating Roll Panas Dingin A3

Jual Mesin Laminating Roll Panas Dingin A3

Laminasi tidak hanya sebagai pelindung agar media awet, tetapi juga memberi resistansi akan air dan debu serta jamur.Mesin laminating memiliki jenis da bentuk yang berbeda, masing-masing jenis memiliki kegunaannya masing-masing, Berikut beberapa jenis mesin laminating:

Mesin Finishing Laminating Dingin

Mesin laminating atau bisa disebut dengan “Metode Wet” adalah mesin laminasi yang digunakan tanpa adanya pemanas. Biasanya digunakan untuk laminasi dingin atau sticker transparan. Selain itu laminasi dingin cocok digunakan untuk laminasi dokumen pada perusahaan, perkantoran atau instansi lainnya yang tidak membutuhkan proses laminasi secara massal.

Kelebihan mesin laminasi dingin ini dilihat dari harga yang relatif lebih terjangkau dari mesin laminating panas.
Kekurangan mesin laminating dingin adalah daya perekat pada proses press plastik kurang bagus karena tidak memiliki pemanas, sehingga kurang cocok untuk digunakan pada laminasi Undangan, ID Card dll.

Mesin Finishing Laminating Panas

Mesin laminating panas merupakan mesin laminasi yang menggunakan pemanas. Dalam melaminasi, penggunaan jenis plastik laminating harus didasarkan pada kecocokan dengan media yang ingin dilaminasi. Dalam dunia percetakan, plastik laminating yang digunakan adalah bahan polypropylene dengan jenis glossy(mengkilap) atau doff(silky).

Mesin Laminating Dingin

Mesin Laminating Dingin

Bahan ini memiliki harga yang tidak begitu mahal dan banyak tersedia dipasaran. Untuk bahan ini mengandung lem/perekat. Dalam penggunaan bahan ini, membutuhkan proses penempelan dengan suhu 90 – 120 derajat celcius, tapi tergantung pada jenis plastik yang digunakan.

Proses pemanasan ini bertujuan untuk melelehkan bagian lem kering pada plastik laminating agar dapat menempel pada media yang ingin dilaminasi.

Mesin Finishing Laminating Panas dan Dingin

Mesin laminating panas dan dingin ini merupakan mesin yang paling laris dijual di pasaran karena memiliki dua fungsi yang terdapat dalam mesin laminating yaitu metode panas dan metode dingin.

Untuk type Mesin Laminating ini sangat sering dijumpai dipasaran, karena Mesin Laminating ini sering digunakan di Copy Center, Sekolah, Kantor, maupun Rumah. Mesin Laminating tidak membutuhkan tempat yang besar sehingga menjadikan Mesin Laminating ini mudah ditempatkan dimana saja.

Baca juga: Mengenal Bahan-bahan Digital Printing

Demikian informasi mengenai Macam-macam Mesin Laminating Finishing, jika ada pertanyaan bisa langsung isi kolom komentar dibawah ini. Atau bisa langsung menghubungi kami di nomor 0818-0709-9989.